Pages

Rabu, 15 Mei 2013

Pentingnya Twitter Sebagai Sarana Promosi Dagangan

Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi info akan pentingnya Twitter sebagai media yang sangat dapat membantu onlineshop mania dalam mempromosikan dagangan dan membangun citra. saya juga akan berbagi tips 7 langkah sederhana untuk onlineshop Mania yang masih "awam" dengan Twitter.





Seperti yang sudah sering diulas oleh rekan-rekan di media, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat aktif dalam menggunakan Twitter. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia sendiri per bulan Februari 2012 mencapai 19,5 juta orang, dan termasuk dalam 5 besar negara pengguna Twitter setelah Amerika Serikat (107,7 juta), Brazil (33,3 juta), Jepang (29,9 juta), dan Inggris (23,8 juta) akun. Data ini adalah hasil riset dari Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis.

Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, Twitter menjadi salah satu media yang sangat potensial untuk membangun citra dan berdagang, baik untuk perseorangan maupun untuk perusahaan. Angka-angka tersebut mengindikasikan adanya lalu lintas informasi yang fantastis. Banyak merek yang sudah memanfaatkan Twitter untuk berpromosi karena kemudahan persebaran informasinya. Persebaran informasi di Twitter terjadi dengan mudah dan cepat, hanya dengan melalui proses 1-2 kali klik.


Kesulitan umum yang dialami seseorang ketika baru membuat akun.

Seperti yang sering ditemukan , banyak yang merasa bingung bagaimana menggunakan Twitter, terutama untuk berpromosi dan membangun citra diri sebagai merek.

Memang kesulitan utama akan selalu dialami oleh rekan-rekan yang baru saja membuat akun Twitter. Minimnya jumlah follower membuat kita seperti berbicara dengan ruang hampa ketika kita berbicara (baca: tweet) tentang sesuatu. Tanpa follower, kita tidak memiliki audiens. 

Memang tidak mudah, namun sebenarnya banyak cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaring follower supaya kita memiliki audiens untuk tweet-tweet kita. Nah pada tulisan kali ini, saya akan mencoba untuk berbagi tips-tips sederhana untuk menjaring follower baru. Tips ini memang saya buat khusus untuk orang-orang berkarakter pedagang, seperti para onlineshop Mania 


7 langkah sederhana menjaring Follower, membangun Citra, dan tentunya, tetap Berjualan:

Undang semua rekan kita yang ada di daftar kontak email untuk memfollow akun kita. Twitter menyediakan fitur ini. Ini adalah langkah paling sederhana untuk menginformasikan keberadaan akun Twitter kita ke semua rekan yang kita miliki. Caranya: Klik "#Discover" di halaman twitter kita. Kemudian pilih "Find Friends". Setelah itu akan keluar pilihan-pilihan email. Kita tinggal memilih email yang kita gunakan, lalu klik "Search Contacts". Selanjutnya kita akan menemukan pilihan "Invite ... (jumlah kontak) to Join Twitter".

Selalu menyantumkan alamat atau akun Twitter kita di semua halaman web, lapak, kartu nama, dan bahkan signature email yang kita pergunakan. Ini adalah langkah termudah kedua untuk menginformasikan keberadaan akun Twitter kita. Pastikan untuk selalu mencantumkan alamat atau akun Twitter kita di setiap kesempatan 

Cari dan Follow akun-akun "Group Tweet" untuk mendapatkan kesempatan diketahui oleh para follower mereka. Salah satu fitur yang disediakan oleh Twitter adalah "Group Tweet". Akun "Group Tweet" akan otomatis melakukan Retweet setiap kita mention mereka dalam setiap tweet kita. Biasanya ada syarat kondisi tertentu untuk dapat di-retweet, namun biasanya sederhana dan aturan ini mereka cantumkan dalam Bio akun mereka. Ciri-ciri akun "Group Tweet" bisa dicari dengan mudah. Biasanya akun-akun jenis ini adalah akun-akun jenis iklan seperti @RuangBelanja dan @JagonyaJualan. Kita dapat secara reguler me-mention akun-akun tersebut untuk mempromosikan dagangan kita. Bila dagangan kita menarik, baik dari deskripsi barang dan fotonya, pasti akan ada follower dari akun Group Tweet tersebut yang akan memfollow kita.

35% Tweet Iklan, 50% Tweet untuk membangun citra diri, 15% Tweet Pribadi. Di Twitter, "haram" hukumnya untuk terus menerus "jualan". Kita tidak akan mendapatkan follower bila kita "jualan" terus menerus, karena sebenarnya Twitter bukan diciptakan untuk itu. Orang tidak akan senang dan tidak akan tertarik memfollow kita bila kita selalu "jualan".

35% Tweet Iklan: Di awal-awal, dan mungkin tetap bisa kita teruskan walaupun ketika follower kita sudah banyak, selalu manfaatkan akun-akun "Group Tweet" untuk mempromosikan dagangan kita, seperti yang telah dijelaskan dalam tips nomor 3. Ketika kita sudah berhasil menjaring follower yang cukup banyak, kita tetap harus disiplin dengan komposisi prosentase tweet ini. Alasannya sederhana, orang tidak akan 'betah' mem-follow kita bila terus-terusan "ngiklan" 

50% Tweet untuk membangun citra: Ini adalah kegunaan positif twitter yang sebenarnya. Dua kunci utama yang membuat orang akan tertarik memfollow suatu akun adalah 
(1) tweetnya informatif dan berguna, dan 
(2) tweetnya menghibur. 

Nah untuk para onlineshop Mania, sebaiknya opsi yang pertama yang lebih didahulukan. Kita harus bisa membangun citra yang relevan dengan dagangan utama kita. Misal: Kita adalah pedagang Kamera, maka tweet kita sebaiknya dimayoritaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kamera seperti Tips Merawat Kamera, Tips Merawat Lensa, Tips dan Trik Teknik Fotografi, dsb. Begitu juga bila kita adalah pedagang Sepeda, maka tweet kita sebaiknya mayoritas berisikan tentang hal-hal yang berkaitan tentang sepeda seperti Tips Merawat Sepeda, Teknik Downhill, bahkan kita bisa juga menginformasikan tentang acara Gowes bareng, misalnya. 

Intinya, tujuan akhirnya adalah membuat kita dikenal sebagai orang yang memang ahli dalam kategori-kategori tersebut. Semakin banyak informasi, dengan bahasa yang mudah dan menghibur, semakin besar kemungkinan tweet kita akan di-retweet oleh follower kita. Semakin banyak jumlah retweet yang kita dapatkan, semakin banyak kemungkinan tweet kita dibaca oleh followernya para follower. Semakin banyak kemungkinan tweet kita dibaca oleh followernya para follower, semakin besar kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan follower baru.

15% Tweet Pribadi: Salah satu hal yang penting di twitter adalah kita tetap muncul sebagai manusia. Tidak perlu selalu formal dalam berperilaku di Twitter. Justru ketika kita menceritakan hal-hal sepele kita akan disukai juga oleh para follower. Ingat, bagaimanapun, dan sebesar apapun suatu merek, orang lebih suka dengan merek yang humanis 
[/ol]

Mari bermain dengan Twitter 

0 komentar:

Poskan Komentar